SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Menu Makanan Sakit Maag 3

Bolehkah orang sakit maag minum teh manis ?
Pada prinsipnya sebenarnya teh tidak baik untuk lambung, apalagi teh hijau. Menurut penelitian Dr.Hiromi Sinya, ahli usus terkemuka dari Jepang, yang telah menangani usus tidak kurang dari 370.000 usus manusia dalam kurun waktu 40 tahun, mengatakan bahwa setelah diteliti kebiasaan makan dan minum orang-orang yang bermasalah dengan lambungnya, adalah orang-orang yang mempunyai kebiasaan minum teh sejak lama.

Masih diperbolehkan minum teh manis, asal bukan teh tubruk ( teh yang cara membuatnya dengan memasukkan daun teh lalu bersama gula disedu dengan air panas ). Jadi jika ingin minum teh buatlah teh celup yang encer saja, dan untuk 1 gelas 150 cc berilah gula pasirnya 1 sendok kecil tidak penuh. Teh encer yang manisnya sedikit tidak akan membuat perih pada lambung dan minumnya sebaiknya ketika masih hangat, namun minum teh tubruk akan menyebabkan lambung menjadi sangat sakit.

Minum Teh hangat encer dengan gula yang hanya sedikit bisa meringankan sakit pada lambung. Ini adal;ah pengalaman saya, pada stadium awal dan sudah mau sembuh, tapi pada stadium lanjut ketika lambung hanya bisa mengkonsumsi bubur, sebaiknya jangan minum air teh meskipun encer dan bergula sedikit, tetap lambung akan terasa sakit.

Apakah orang sakit maag boleh makan nasi beras merah ?
Sebenarnya beras merah sangat baik untuk lambung apalagi kalau mengunyahnya lebih dari 40 kali setiap suapan, karena gizinya lebih banyak dari beras putih biasa, dan jika dikunyah lebih dari 40 kali maka ketika nasi merah masuk kedalam lambung akan menghasilkan banyak enzim yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama organ yang sedang tidak sehat yaitu lambung.

Apakah roti tawar baik bagi penderita maag akut ?
Sebenarnya makanan yang baik untuk penderita sakit maag akut adalah makanan yang mudah dicerna oleh lambung dan tidak mengandung bahan kimia. Semua jenis roti tentu mengandung bahan kimia, demikian pula roti tawar mengandung bahan pelembut untuk melembutkan tekstur roti, dulu ketika maag saya masih sakit, sehabis makan roti tawar lambung terasa penuh dan perut langsung kembung. Oleh karena itu lebih baik saya membuat bubur tepung kerut yang sangat aman buat lambung, gampang membuatnya dan mendinginkan lambung yang sering terasa panas.

Apakah Orang sakit maag boleh makan singkong?
Singkong yang dikukus boleh dimakan oleh orang sakit maag, asal singkongnya belum terlalu tua sehingga sudah keluar sontrot ( serat-serat kasar yang ada dalam daging buahnya ), dan makannya sebaiknya ketika masih hangat, dikunyah 40 sampai 50 kali, dan sedikit saja, 1 potong, sebab kalau kebanyakan maka lambung akan terasa penuh, bahkan jika langsung untuk tiduran maka asam lambung bisa tertekan naik ke kerongkongan sehingga akan mengalami sesak nafas, dada rasa panas terbakar, tenggorokan sakit dan mulut rasa pahit sama asam, hal ini akan menimbulkan penderitaan yang panjang untuk kembali ke keadaan normal. Oleh karena itu saya sarankan agar Anda semua mengenal karakter sakit maag, agar bisa mengupayakan kesembuhan dengan cara yang benar.

Apakah khasiat singkong mentah untuk orang sakit maag ?
Semua bahan makanan yang mentah sebenarnya baik untuk maag, karena kandungan gizinya masih utuh. Kandungan enzim yang ada pada makanan mentah lebih banyak daripada yang terdapat dalam makanan yang sudah diolah. Padahal enzim adalah sangat fital untuk kesehatan. Khasiat singkong mentah adalah bahwa tepung tapioka ada dalam singkong, dapat melapisi dinding lambung serta mengenyangkan. Caranya ambil singkong sedang seukuran 4 cm, cuci bersih lalu diparut. Tambahkan air setengah gelas lalu saring dan langsung diminum.

Jika Anda mau, tambahkan kunir sedang 2 rimpang, cuci bersih, dibakar, jika sudah layu kupas kulitnya, parut campurkan dengan parutan singkong tadi, tambahkan air setengah gelas, saring, tambahkan 1 kuning telor ayam kampung serta madu 2 sendok makan, sedu hingga rata, lalu minum perlahan-lahan.

Saya jika minum resep ini pagi hari, lambung akan terasa tenang sampai siang, juga kenyangnya lama. Resep ini juga saya praktekkan untuk pengobatan tipus awal, Alhamdulillah mustajab sekali, langsung panas tubuh turun perlahan-lahan.

Apakah batasan makanan bagi penderita sakit lambung ?
Sebetulnya batasan makanan yang boleh dimakan oleh orang yang sakit lambung tidaklah sama antara yang satu dengan yang lainnya. Tergantung stadium sakitnya bagaimana, jenis yang diderita seperti apa, sebab sensitifitas lambung satu sama lain juga tidak sama.

Suatu makanan dimakan oleh penderita lambung akan mengakibatkan rasa sakit atau tidak sebenarnya tergantung pada kondisi lambung masing-masing orang. Makin tipis lambung seseorang maka ia makin peka terhadap setiap makanan yang masuk. Mungkin kentang rebus dimakan oleh si A tidak berakibat ap-apa pada lambungnya, namun ketika dikonsumsi oleh si B, ia menjadi kesakitan sekali lambungnya ketika baru saja makan kentang yang sama.

Namun pada umumnya, penderita lambung sebaiknya menghindari makanan yang pedas, asam, berlemak, mengandung alkohol, dan bertekstur kasar, apapun itu. Seperti goreng-gorengan sebaiknya dihindari karena mengandung minyak dan kasar, sehingga sulit untuk dicerna.

Tape, nanas, durian, kopi, teh kenthal, juga sebaiknya dihindari karena kandungan alkoholnya merangsang lambung. Sayuran yang tidak baik dikonsumsi adalah bayam ( karena zat besinya tidak terserap oleh lambung yang buruk), kubis ( akan membentuk gas dalam tubuh ), kangkung ( karena zat besinya tinggi tidak bisa terserap oleh lambung, dan teksturnya kasar )

Semua makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia perasa, pengawet, pelembut, pewarna dan yang lain, sama sekali tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang sakit maag, karena akan meningkatkan sekresi asam lambung dan sulit dicerna.

Bagaimana dengan sayur nangka apakah boleh untuk orang sakit maag ?
Nangka adalah buah yang bergetah, apalagi bijinya bercangkang. Sayuran ataupun buah yang bergetah sangat tidak baik untuk lambung yang sedang bermasalah. Apalagi cangkang dari biji nangka sangat tajam, jika dimakan, walau kita sudah mengunyahnya dengan lembut sekalipun akan tetap terasa sakit di lambung.

Jika memasaknya dibuang kulit luarnya dari bijinya, masak nangka tetap memerlukan waktu yang lama dan panas yang tinggi, kalau tidak maka nangka tidak akan lunak. Makanan yang sudah dimasak dalam panas yang tinggi apalagi dalam waktu lama, adalah makanan yang mubadzir bagi tubuh, karena sudah kehilangan semua gizinya akibat oksidasi ketika pemasakan, jadi sebaiknya jauhkan keinginan menyantap sayur nangka jika lambung kita sedang bermasalah.

Ketika maag saya dulu masih sakit, kadang-kadang makan gudeg dari yogya yang terkenal enak. Walau saya makan hanya sedikit sekedar ingin mencicipi, namun beberapa saat kemudian lambung terasa kembung dan penuh, tidak enak sama sekali, untuk kembali ke keadaan sebelumnya memerlukan waktu berhari-hari.

Hati-hati yah memilih makanan, agar lambung kita lekas sembuh. Lebih baik menahan diri daripada lambung kita tidak sembuh-sembuh.

Jika Anda ingin cepat sembuh, milikilah Buku Panduan "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis" tulisan saya sendiri, yang memuat berbagai hal tentang penyakit maag dan solusinya secara lengkap. 

Anda akan dipandu dengan pengetahuan yang sederhana namun komplit, yang mengacu kepada pengalaman langsung bukan sekedar teori. Apa yang harus Anda lakukan dalam hari-hari Anda yang Anda lalui, agar tidak jenuh Anda jalani, semuanya ada dalam Buku Panduan sederhana ini yang terbukti telah membuat banyak orang alhamdulillah lebih sehat dari sebelumnya, dan bahkan sembuh secara permanen !

PESAN SEGERA SEKARANG ! Sebelum kehabisan karena persediaan terbatas !

Salam Penuh Semangat ! Oleh : NiniekSS
Labels: FAQ

Thanks for reading Menu Makanan Sakit Maag 3. Please share...!

0 Komentar untuk "Menu Makanan Sakit Maag 3"

Back To Top